Merinding Bacanya… Selagi Sempat, Berbaktilah Kepada Orang Tua Kita. Kisah Nyata Bikin Semua Orang Menangis...

Tadi sore.. . di sesuatu masjid di perumahan elit kota bogor

" wan.. . pengen kemana.. . tidak makan makan dahulu? "
" lain kali aja.. . udah sore.. . kembali dulu.. . sampai
ktemu lagi ya.. . salam buat keluarga "
aku ikuti ia berangkat tergesa gesa.. . seorang dari
balik aku berkata
" tidak harus aneh rief.. . ia itu shubuh dan sore biasa
mandiin bunda nya semenjak terkena stroke.. ubahin
dan bersihin pampers bila pup dan ngajak jalan
jalur masing - masing masing - masing pagi supaya menimpa sinar matahari.. . padahal
ia kaya.. . nyewa perawat dapat pula.. . tetapi ia gak
mau.. . jadi ia urus seorang diri seluruh.. . ia gak
sempat mau ambil job yg buat ia wajib nginap
ninggalin tempat tinggal.. . walaupun sesungguhnya proyek­proyek besar
banyak yg perluin ia.. . tabah banget ia. "
aku tersenyum.. . diantara demikian banyak orang - orang yg
lebih seleksi memasukan orang tuanya ke panti
jompo ataupun menyewa suster buat melindungi.. . ia.. .
lebih seleksi melaksanakannya seorang diri.. . bakti anak
pada orang tuanya.. .
" sempat tidak kalian tanya kenapa ia mau serupa itu? "
" sempat.. . ia berkata.. . 9 bln. memiliki penuh
beban, 2 thun menyusui penuh menahan banyak hal
dan larangan.. .
mempertaruhkan dikala mudanya untuk
bersabar membesarkan aku, menahan amarah atas
kejahilan aku, kekeliruan aku, kebodohan aku,
keisengan aku.. . mempertaruhkan kebebasannya
buat mengasuh aku.. . menegaskan perut aku terisi
santapan dan juga tidur dengan nyenyak disaat sering beliau
tidur dalam suasana menahan lapar dan tal tidur
melindungi aku dari gigitan nyamuk.. . tidak tahu lelah
mendengarkan aku.. . menasehati dan
memperjuangkan hidup aku dengan
tidak hiraukan perasaan ingin menikmati
kesenangan kesenangan pribadinya.. .
berikutnya.. .
anak macam apa aku apabila membiarkan bunda diurus
oleh tidaklah anak yg dibela belanya dulu? anak
tipe apa aku apabila merasa berat mengurusi bunda yg
sudah mati matian menyamankan dan mengamankan
aku?
anak tipe apa aku apabila membiarkan dikala tuanya
tanpa terima kebaikan anaknya bagaikan balasan
atas pengorbanan hidupnya?
anak tipe apa aku apabila pekerjaan dan uang lebih
aku utamakan dibanding mengurusi orang - tua yg
telah jelas jelas begitu berjasa atas kehidupan
aku?
aku tidak ingin menyesal apabila bunda aku meninggal
sewaktu aku belum bagikan cinta dan kerasa sayang
dan juga bakti aku kepadanya "
aku terdiam dan tidak terasa air mata meleleh di pipi
aku.. .
teringat bunda aku dan uban yg mulai memenuhi
kepalanya..
dari kerabat arief rakhmanto
hikmah ataupun pelajaran apa yang dapat kamu ambil
dari cerita ini?
silakan dapat tuliskan perasaannya di kolom
pendapat.
bila cerita ini di kerasa bermanfaat, silakan di berbagi
biar banyak orang - orang lagi yang beroleh faedah
yang sama.. .


by : aryginanjar. com





(sumber : redaksimuslim. com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.