Kenapa Nabi Khidir Tidak Masuk Dalam Daftar 25 Nabi? Ini Penjelasan Al-Quran

Catatan 25 orang nabi dan juga rasul itu sesungguhnya cumalah mereka yang secara jelas namanya tercantum di dalam al - qur’an dan juga jelas - jelas disebutkan bagaikan nabi. sebaliknya nama khidir tidak disebutkan secara eksplisit di dalam al - quran. terlebih lagi di ayat itu sama sekali tidak terdapat penjelasan yang jelas tentang statusnya bagaikan nabi ataupun bukan.

tidak hanya itu pula banyak tokoh baik yang namanya diucap dalam secara eksplist dalam al - quran, tetapi bukan tercantum nabi. semisal zul - qarnain (al - kahfi: 83, 86, 94) , thalut (al - baqarah: 247, 249) , luqman al - hakim (luqman: 12, 13) , imran (ali imran: 33, 35, 66) , maryam binti imran yang disebutkan tidak kurang dari 31 kali dan juga yang lain.

ayat al - quran yang berkisah tentang nabi musa a. s. berjumpa dengan khidhir cuma mengatakan khidhir bagaikan seseorang ‘hamba dari hamba - hamba kami’. sama sekali ayat itu tidak menyebut nama dan juga pula jabatan kenabian menurutnya. silahkan ikuti baik - baik ayat berikut ini:

فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِن لَّدُنَّا عِلْمًا
“lalu mereka berjumpa dengan seseorang hamba di antara hamba - hamba kami, yang telah kami bagikan kepadanya rahmat dari sisi kami, dan juga yang telah kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi kami. ” (qs al - kahfi: 65)

bahwa yang diartikan dengan hamba itu merupakan khidhir dan juga kalau ia merupakan seseorang nabi, hingga itu merupakan hasil kesimpulan sebagian ulama pakar tafsir. kesimpulan itu benar terdapat benarnya walaupun bukan salah satunya tipe. karena banyak pula yang merumuskan kalau khidhir itu cumalah orang shalih di zamannya.

jumlah nabi dan juga rasul
yang jelas jumlah nabi dan juga rasul benar bukan cuma 25 orang aja, melainkan banyak sekali. dalam suatu hadits, kita menemukan data tentu tentang jumlah mereka.

abu zar bertanya kepada rasulullah saw, “berapakah jumlah para nabi? ” dia saw menanggapi, “mereka berjumlah 124. 000 orang, sebanyak 315 dari mereka merupakan rasul. ” (hr ahmad dalam musnadnya dan juga al - bani berkata kalau hadits ini shahih).

bisa jadi aja dari 124. 000 orang itu salah satunya merupakan nabi khidhir a. s. tentu dengan sekian banyak dalil yang terserak di dalam sunnah dan dalil aqli yang lain.

wallahu a’lam bishshawab.

wassalamu ‘alaikum wr. wb.






(sumber: lampuislam. org )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.