Inilah 15 Amalan Ringan Tapi Besar Pahalanya

Alhamdulillah washshalatu wassalaamu ‘ala rasulillah.

kalangan muslilmin yang dirahmati allah, diantara yang dianjurkan rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pada kita merupakan teratur mengamalkan amalan shalih walaupun amalan itu sedikit dan juga ringan, ataupun terlebih lagi ditatap remeh oleh sebagian orang. tetapi nyatanya tanpa kita sangka, nyatanya amalan tersebut memiliki pahala yang besar.

berikut merupakan sebagian amalan yang gampang dan juga ringan buat dicoba, tetapi besar pahalanya, bersumber pada hadits yang shahih:

kesatu, membaca : subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim

dari abu hurairah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ada 2 kalimat yang dicintai oleh allah, ringan di lisan, dan juga berat ditimbangan: (ialah teks) subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim[mahasuci allah dan juga dengan memujinya, mahasuci allah yang mahaagung]” (hr. (AL) bukhari)

kedua, wudhu dengan sempurna dan juga membaca do’a, sebagaimana hadits berikut:

dari umar bin khattab, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna, setelah itu tuntas wudlu ia membaca: asyhadu allaa ilaha illallah wa anna muhammadan abdullahi wa rasuuluh [aku bersaksi kalau tiada sesembahan yang berhak disembah tidak hanya allah, dan juga bahwasanya muhammad merupakan hamba allah dan juga rasulnya], Â hingga hendak dibukakan untuknya pintu surga yang jumlahnya 8, dan juga ia boleh masuk dari pintu mana aja yang ia gemari. ” (hr. muslim)

ketiga, mendatangi shalat jumat di dini waktu, dengan mencermati adabnya.

dari aus bin aus ats tsaqafi, kalau nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang membilas (kepalanya) dan juga cuci (segala badannya) di hari jum’at (mandi besar, ed. ) , kemudian berangkat ke masjid pagi - pagi, dan juga ia memperoleh khutbah dari dini, ia berjalan dan juga tidak naik kendaraan, ia mendekat ke khatib, konsentrasi mencermati khutbah dan juga tidak berdialog hingga tiap langkahnya (dinilai) sebagaimana pahala puasa dan juga shalat malam sepanjang setahun. ” (hr. abu dawud, at tirmidzi, ibnu majah, ibnu khuzaimah, ibnu hibban, dan juga dinilai shahih oleh (AL) albani)

abu zur’ah berkata: “saya tidak sempat menjumpai satu hadits yang menggambarkan pahala yang besar dengan amal yang sedikit yang lebih shahih dari hadits ini. ”

keempat, shalat dhuha 2 rakaat

dari abu dzar, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “setiap ruas tulang kamu harus disedekahi, tiap tasbih, tahmid, tahlil, dan juga takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah, dan juga seluruh kewajiban sedekah itu dapat ditutupi dengan 2 rakaat shalat dhuha. ” (hr. muslim dan juga abu dawud)

kelima, berdzikir di masjid sehabis shubuh.

dari anas bin malik, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, setelah itu senantiasa duduk di masjid hingga terbit matahari, setelah itu shalat 2 rakaat hingga ia menemukan pahala haji dan juga umrah, sempurna, sempurna. ” (hr. at tirmidzi dan juga dinilai hasan oleh (AL) albani)

keenam, membaca (AL) qur’an.

dari abdullah bin mas’ud, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang membaca satu huruf dari (AL) qur’an hingga ia menemukan satu pahala kebaikan. dan juga tiap satu pahala itu dilipatkan jadi 10 kali…. ” (hr. at tirmidzi, at thabrani dan juga dinilai shahih oleh (AL) albani)

ketujuh, membaca dzikir kala masuk pasar ataupun tempat keramaian.

dari abdillah bin amr bin ‘ash, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang masuk pasar setelah itu ia membaca: laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiit wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khair, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir [tiada sesembahan yang berhak disembah tidak hanya allah tiada sekutu menurutnya, miliknyalah segala kerajaan. dan juga miliknyalah segala pujian, ia menghidupkan dan juga mematikan, dan juga ia mahahidup dan juga tidak mati, di tangannyalah seluruh kebaikan, dan juga ia mahakuasa atas seluruh sesuatu] hingga allah catat untuknya sejuta kebaikan, allah hapuskan sejuta kesalahan, dan juga allah angkat untuknya satu juta derajat. ” (hr. at tirmidzi, (AL) hakim, angkatan darat (AD) darimi dan juga dinilai hasan oleh (AL) albani)

kedelapan, shalat berjama’ah di masjid.

dari abu umamah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang keluar dalam kondisi suci, mengarah masjid buat melakukan shalat jama’ah hingga pahalanya serupa pahala serupa orang yang lagi haji dalam kondisi ihram. ” (hr. abu dawud dan juga dinilai hasan oleh (AL) albani)

kesembilan, berdzikir kala terbangun dari tidur (nglilir - bhs. jawa)

dari ubadah bin shamit, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang terbangun (nglilir) kala tidur malam setelah itu ia membaca: laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir. alhamdulillah, wa subhanallah, wa laa ilaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah [tiada sesembahan yang berhak disembah tidak hanya allah semata tiada sekutu menurutnya, miliknyalah segala kerajaan, milknyalah seluruh pujian, dan juga ia mahakuasa atas seluruh suatu. seluruh puji kepunyaan allah, mahasuci allah, tiada sesembahan yang berhak disembah tidak hanya allah, allah mahabesar. tiada energi dan juga kekokohan kecuali dari allah] setelah itu ia beristighfar ataupun berdo’a hingga hendak dikabulkan. bila ia berwudhu setelah itu shalat 2 rakaat hingga shalatnya diterima. ” (hr. Â bukhari dan juga abu dawud)

kesepuluh, shalat sunnah 2 rakaat saat sebelum subuh.

dari ‘aisyah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “dua rakaat saat sebelum subuh lebih baik dari pada dunia dan juga seisinya. ” (hr. muslim)

kesebelas, membaca shalawat.

dari abu hurairah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, hingga allah hendak membagikan shalawat kepadanya 10 kali. ” (hr. muslim)

dalam riwayat lain: “barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, hingga allah hendak membagikan shalawat kepadanya 10 kali, dihapuskan 10 kesalahan, dan juga dinaikan 10 derajat. ” (hr. an nasa’i, shahih)

kedua - belas, menanggapi adzan dan juga membaca do’a sehabis adzan.

dari jabir bin abdillah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang mencermati adzan setelah itu ia membaca do’a: allahumma rabba hadzihid da’watittammah washshalatil qa’imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab’ats - hu maqamam mahmudanilladzi wa’adtahu [ya allah, rabb owner panggilan yang sempurna dan juga shalat harus yang ditegakkan, berikanlah kepada muhammad wasilah dan juga fadhilah. bangkitkanlah dia ke tempat terpuji yang telah engkau janjikan kepadanya. ] hingga ia berhak menemukan syafaatku pada hari kiamat. ” (hr. bukhari)

ketiga - belas, membaca dzikir tiap pagi dan juga sore. diantara dzikir yang disyariatkan merupakan membaca : ‘subahanallah wa bihamdihi‘’

dari abu hurairah radliallahu ‘anhu, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa di waktu pagi dan juga sore membaca: ‘subahanallah wa bihamdihi‘ seratus kali hingga tidak terdapat seseorang juga yang tiba pada hari kiamat dengan bawa pahala yang lebih baik dari pahala yang ia membawa, kecuali orang yang membaca serupa yang ia baca ataupun lebih banyak. ” (hr. muslim)

keempat - belas, mengajak teman buat melaksanakan kebaikan

dari abu hurairah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan hingga ia memperoleh pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa kurangi pahala mereka sedikit juga. dan juga barangsiapa yang mengajak teman buat melaksanakan kesesatan dan juga maksiat hingga ia menemukan dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa kurangi dosa mereka sedikit juga. ” (hr. muslim)

kelima - belas, giat beristighfar.

dari ibn abbas, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang giat beristighfar hingga allah hendak bagikan jalur keluar tiap terdapat kesusahan, allah bagikan penyelesaian tiap hadapi permasalahan, dan juga allah bagikan rizki yang tidak disangka - sangka. ” (hr. abu dawud, hasan lighairihi)

selamat mengamalkan.






(sumber: muslim. or. id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.